Breaking

Sunday, January 7, 2018

DNS (Domain Name System)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Apa kabar semua? Masih bertemu lagi dengan saya. Baik kita mulai ke pembahasan. Untuk kesempata ini saya akan membuat postingan tentang DNS. Lalu apa sebenarnya DNS itu?

1. Judul/Nama Kegiatan
“Domain Name System”

2. Pendahuluan
--> Pengertian
DNS adalah sistem yang digunakan untuk mentranslasi alamat IP menjadi nama domain. Untuk mempermudah penghapalan saat ingin membuka situs maka kita tidak perlu mengingat IP dari situs tersebut. Karena menghapalkan angka lebih sulit dari menghapalkan huruf.
--> Latar belakang dan batasan permasalahan
Saat kita ingin mengunjungi suatu situs , kita akan menuliskan alamat dari situs tersebut pada address bar web browser. Alamat situs tersebut sebenarnya adalah alamat IP sehingga kita kesulitan untuk menghapal alamat situs karena alamat tersebut berisi alamat IP.
--> Maksud dan Tujuan
Dapat menjelaskan bagaimana cara kerja DNS itu.
--> Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapan pada kegitan ini adalah untuk mengetahui apa itu DNS, bagaimana cara kerja DNS itu.

3. Alat dan Bahan
-->

4. Proses dan Tahap Pekerjaan
DNS merupakan layana yang memberikan layanan untuk mengubah alamat IP menjadi alamat domain. Karena kemudahan ini kita dapat mengakses google tanpa memasukkan IP dari google itu sendiri. DNS memiliki komponen.

Komponen tersebut apa saja? Berikut adalah komponen dari DNS :
Pengelola dari sistem DNS terdiri dari tiga komponen:
DNS resolver, sebuah program klien yang berjalan di komputer pengguna, yang membuat permintaan DNS dari program aplikasi.
Recursive DNS server, yang melakukan pencarian melalui DNS sebagai tanggapan permintaan dari resolver, dan mengembalikan jawaban kepada para resolver tersebut;
Authoritative DNS server yang memberikan jawaban terhadap permintaan dari recursor, baik dalam bentuk sebuah jawaban, maupun dalam bentuk delegasi (misalkan: mereferensikan ke authoritative DNS server lainnya)
Dalam penerapannnya DNS meiliki beberapa fungsi.

Nama host dan alamat IP tidak berarti terhubung secara satu-banding-satu. Banyak nama host yang diwakili melalui alamat IP tunggal: gabungan dengan pengasuhan maya (virtual hosting), hal ini memungkinkan satu komputer untuk malayani beberapa situs web. Selain itu, sebuah nama host dapat mewakili beberapa alamat IP: ini akan membantu toleransi kesalahan (fault tolerance dan penyebaran beban (load distribution), juga membantu suatu situs berpindah dari satu lokasi fisik ke lokasi fisik lainnya secara mudah.

Ada cukup banyak kegunaan DNS selain menerjemahkan nama ke alamat IP.
Kerangka Peraturan Pengiriman (Sender Policy Framework) secara kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekod DNS, dikenal sebagai rekod TXT.
Menyediakan keluwesan untuk kegagalan komputer, beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domain. Tepatnya, tigabelas server akar (root servers) digunakan oleh seluruh dunia. Program DNS maupun sistem operasi memiliki alamat IP dari seluruh server ini. Amerika Serikat memiliki, secara angka, semua kecuali tiga dari server akar tersebut. Namun, dikarenakan banyak server akar menerapkan anycast, yang memungkinkan beberapa komputer yang berbeda dapat berbagi alamat IP yang sama untuk mengirimkan satu jenis services melalui area geografis yang luas, banyak server yang secara fisik (bukan sekadar angka) terletak di luar Amerika Serikat.

Nah diatas adalah Pengertian DNS, bagian bagiannya, dan fungsi lain dari DNS.

6. Temuan Permasalahan
Permasalahan yang saya temukan adalah mencari sumber referensi yang lengkap tetapi mudah untuk dipahami.

7. Kesimpulan yang Didapatkan
Kesimpulan dari pembahasan diatas adalah DNS ddigunakan untuk mempermuah manusia untuk mengakses situs karena hanya dengan menggunakan kombinasi dari karakter. Sehingga tidak perlu menghapalkan alamat IP dari URL yang akan dibuka.

8. Referensi dan Daftar Pustaka
-->https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-dns-server/
-->https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Penamaan_Domain

Jika ada yang ingin disampaikan atau menambahkan silahkan tuliskan pada komentar dan kirimkan atau masih kurang jelas mengenai pembahasan dari saya silahkan buka referensi yang tertera. Sekian Postingan hari ini kekurangan dari postingan ini mohon dimaafkan. Terima Kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

No comments: