Breaking

Monday, January 8, 2018

Setting Mikrotik Dengan Terminal Linux

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Apa kabar semua? kesempatan postingan kali ini saya akan membahas tentang setting MiktoTik RouterBoard dengan Telnet. Lalu bagaimana cara caranya?? Untuk selanjutnya kita mulai saja. selamat membaca.


1. Judul/Nama Kegiatan
“Setting Mikrotik RouterBoard Melalui Terminal Linux”
2. Pendahuluan
--> Pengertian
Ada berbagai cara untuk meremote mikrotik routerboard sehingga ada banyak cara untuk setting mikrotik routerboard. Cara salah satunya adalah dengan telnet. Untuk kali ini saya akan menggunakan metode TELNET. Telnet itu sebenarnya apa? Telnet yaitu singkatan dari Telecomunication Network Protokol. Nah telnet ini memungkinkan penggunanya dapat mengakses login dan mengontrol komputer lain dari jarak jauh yang terhubung dengan jaringan.
--> Latar belakang dan batasan permasalahan
Berbagai macam cara untuk membuka atau meremote MokroTik RouterBoard salah satunya adalah dengan telnet. Jika kita menggunakan linux dan kita tidak memiliki wine untuk membuka winbox maka ini adalah salah satu cara agar kita dapat meremote MikroTik RouterBoard kita.
--> Maksud dan Tujuan
Kegiatan ini bertujuan untuk dapat meremote MikroTik RouterBoard yang akan kita setting.

--> Hasil yang Diharapkan
Settingan dari router yang kita setting dapat menghubungkan host yang terhubung dengan router kita dengan internet.
3. Alat dan Bahan
-->PC/ Laptop
-->Mikrotik RouterBoard
-->Kabel UTP
4. Proses dan Tahap Pekerjaan
 Sebelum melakukan setting. Kita buat topologi dahulu yang kan kita gunakan. disini saya menggunakn topologi sesuai gambar diatas. Setelah itu kita hubungkan atau koneksikan antar perangkat dan pastikan sudah terhubung dengan baik dan benar dan pastikan IP pc/laptop satu jaringan dengan router. Disini saya menggunakan IP 192.168.88.1/24 untuk IP router dan 192.168.88.2/24 untuk PC.
==>Setelah mengkoneksiakan, buka terminal dengan tombol kombinasi "ctrl+alt+T".
==>Kemudian ketikkan perintah "telnet ip_router" nah untuk IP_router tersebut kita isikan dengan IP router yang kalian setting. Disini saya menggunakan IP setelan default dari router yaitu 192.168.88.1. Tekan ENTER

==>Disini akan ditampilakn Login MikroTik denga user default admin dan password kosong. Klik ENTER jika sudah mengisikan user dan password.
==>nah jika sudah muncul tampilan seperti dibawah. Kita sudah dapat mengonfigurasi Router MikroTik.

==> Sampai pada langkah ini kita memulai langkang konfigurasi. Untuk pertama kali kita tampilkan IP addres yang sudah ada dengan mengetikkan perintah "ip address print" dan enter.
==> Kemudian kita buat IP address untuk ether1 sebagai kineksi ke internet dengan perintah "ip address add address= interface=ether1" dan enter.
==>Setelah menambahkan IP untuk ether1. Kita tambahkan jalur routing dengan gateway 10.10.10.100. IP ini didapatkan dari gateway router ether1.  Menambahkan gateway dengan menggunakan perintah "ip route add gateway=10.10.10.100" klik enter. Kemudian untuk melihat apakan setingan kita sudah masuk atau belum dengan "ip route print" klik enter.
==> Setelah mengonfiguararsi jalur routing kita kemudian mengonfigurasi DNS. Lalu bagaimana peritahnya?? perintahnya adalah dengan "ip dns set server=10.10.10.100 allow-remote-request=yes" enter. Selanjutnya ketikkan "ip dns print" untuk mengetahui settingan dns sudah benar atu belum.
==> Kemudain kita setting NAT pada firewall supaya pengguna dapat terkoneksi dengan internet dan memiliki ip publik. Ketikan "ip firewall nat add chain=srcnat out-interface=ether1 action=masquerade" enter. kemudian kita pastikan lagi apakah setingan tersebut sudah benar atau belum dengan mengetikkan perintah "ip firewall nat print"
==> Nah sampai disini kita akan melakukan proses pengujian dengan ping melalui client ke gateway router, gateway pc yaitu ip ether2 dan DNS google. jika sudah ada reply berarti kita sudah berhasil melakukan konfigurasi.


Diatas sudah saya tunjukkan setting mikrotik selain menggunakan winbox. cara ini bisa digunakan jika kita tidak memiliki wine untuk membuka winbox di linux kita.
6. Temuan Permasalahan
Dalam proses diatas saya menemukan masalah saya tidak megingat tool/ tab apa saja yang terdapat pada mikrotik RouterOS jadi saat mengetik saya lupa selanjutnya harus diketikkan apa. Contoh pada DNS, jadi di DNS ini kita mengatur DNS bukan menambahkan jadi kesalahan saya saya malah menambahkan bukan mengatur. jadi seharusnya set dns saya tulis add dns maka dari itu perinah tersebut tidak ada. Solusi untuk permasalahan ini saya setelah enulikan "ip dns" kemudian saya klik tombol tab kmudian muncul kelanjutan dari perintah tersebut.

7. Kesimpulan yang Didapatkan

Kesimpulan yang saya dapatakan yaitu kita dapat mengonfigurasi router dengan berbagai cara. Salah satu yang saya gunakan adalah dengan menggunakn telnet.

8. Referensi dan Daftar Pustaka
-->http://www.pengertianku.net/2015/07/pengertian-telnet-dan-fungsinya.html
-->ebook repository BLC TELKOM KLATEN
-->https://id.wikipedia.org/wiki/Telnet

Jika ada yang ingin disampaikan atau menambahkan silahkan tuliskan pada komentar dan kirimkan atau masih kurang jelas mengenai pembahasan dari saya silahkan buka referensi yang tertera. Sekian Postingan hari ini kekurangan dari postingan ini mohon dimaafkan. Terima Kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

No comments: