A. PENDAHULUAN
Pada kesempatan ini saya akan membahas materi mengenai Cisco Net Ess, bagian 9.
B. ISI
CHAPTER 9
Proses ‘Troubleshooting’- Apa itu ‘Network Troubleshooting’?
Mempertahankan dokumentasi penting saat troubleshooting.
- Mengumpulkan Informasi
Pertanyaan individual dengan melaporkan masalah dan berbagi pengalaman dengan pengguna yang pernah terkena masalah yang sama. Mengumpulkan informasi tentangperalatan apapun yang mungkin terkena dampak.
Pendekatan ke ‘Troubleshooting’
- Memilih pendekatan troubleshooting
Divide-and conquer
Bottom-up
- Pendekatan bagus lainnya
Substitution
Mendeteksi Masalah Fisik
- Menggunakan panca indra
Penciuman
Peraba
Pendengaran
- Menggunakan Software dan Utility
ping
netstat
tracert
nslookup
Mengatasi Masalah Utility
- Informasi IP Windows
ipconfig /all
ipconfig /release and ipconfig /renew
Menguji Konektivitas Jaringan
- Menggunakan perintah ping
‘Ping’ itu digunakan untuk menguji apakah host tujuan bisa tercapai. Perintah ‘ping’ bisa diikuti dengan alamat IP atau nama host tujuan.
- Apa hasil dari ‘ping’?
Jika ping ke kedua nama dan alamat IP berhasil, namun pengguna
tetap tidak dapat mengakses aplikasi, maka masalahnya kemungkinan besar
berada pada aplikasi di host tujuan.
Jika ping tidak berhasil, maka konektivitas jaringan di sepanjang jalur menuju tujuan kemungkinan besar adalah masalah.
Jika
ping ke default gateway berhasil, masalahnya bukan lokal. Jika ping ke
default gateway gagal, masalahnya berada pada jaringan lokal.
Ping mungkin gagal karena firewall pada perangkat pengirim atau penerima, atau router di sepanjanga jalur yang menghalangi ping.
Utilitas IP Berguna Lainnya
- Bisakah saya mencapai tujuan?
Utilitas tracert menyediakan informasi konektivitas tentang
jalur yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan tentang setiap router
(hop) di sepanjang jalur.
- Mengidentifikasi Keaktifan Koneksi
- Mengatasi Masalah DNS
Utilitas nslookup memungkinkan pengguna untuk mencari informasi tentang nama DNS tertentu di server DNS.
Masalah Konektivitas
- Divide and Conquer
Ping dari klien berkabel ke default gateway
Ping dari klien wireless ke klien berkabel
- Bottom Up
LED mungkin berubah warna atau flash untuk menyampaikan informasi
Bagaimana Cara Menyelesaikan Masalah yang Umum
- Masalah Perkabelan
Pastikan untuk menggunakan jenis kabel yang benar. Hentikan kabel melalui standar penghentian T568A atau T568B. Jangan melebihi panjang kabel maksimum yang dilewati. Pastikan port yang benar sedang digunakan. Lindungi kabel dan konektor dari kerusakan fisik.
Memecahkan Masalah Wireless
- Penyebab Masalah Wireless
Tidak semua standar wireless itu kompatibel. Setiap percakapan wireless harus terjadi pada saluran terpisah dan tidak tumpang tindih. Kekuatan sinyal RF menurun dengan jarak. Sinyal RF rentan terhadap gangguan dari sumber luar AP berbagi bandwith yang tersedia di antara perangkat.
- Kesalahan Otentikasi dan Asosiasi
SSID harus sesuai dengan AP dan klien. Klien dan AP harus dikonfigurasi dengan kunci otentikasi yang sama. Kunci enkripsi yang sama harus dikonfigurasi pada AP dan klien.
Masalah DHCP dan Alamat IP
- Kesalahan Konfigurasi Server DHCP
Informasi tabel klien harus sesuai dengan informasi host lokal Melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa router memiliki alamat IP Interface LAN dari router wireless harus ditetapkan sebagai default gateway
Masalah DHCP dan Alamat IP (Cont.)
-Mengapa kita tidak bisa terkoneksi ke Internet?Periksa halaman status router.
-Periksa sema koneksi fisik dan indikator LED.
Cobalah untuk menghubungkan kembali koneksinya.
-Mungkinkah itu Firewall?
Periksa apakah aplikasi itu port TCP atau UDP ‘open’dan tidak ada daftar filter memblokir lalu lintas ke portitu.
-Periksa semua pengaturan di router untuk memastikan tidak adanya pembatasan keamanan yang dapat menyebabkan masalah
Menggunakan Sumber Luar untuk Bantuan
- Dimana saya bisa mendapatkan bantuan?
- Kapan saya bisa memanggil batuan itu?
Mungkin perlu menghubungi bagian dukungan vendor atau ISP untuk mendapat-kan bantuan.
- Menggunakan Meja Dukungan
Penting untuk memberi informasi pendukung sebanyak mungkin suatu informasi.
Menjaga Catatan/Nama Baik
- Menyelesaikan Masalah
- Tiket dan Tata Kerja
Saat pelanggan mengidentifikasi siapa mereka, si teknisi mengakses pelanggan yang relevan informasi.Informasi dipindahkan ke sebuah tiket masalah, atau laporan kejadian.Bila diperlukan panggilan di tempat, informasi tiket bermasalah bisa dikonversi menjadi sebuah perintah kerja.
C. PENUTUP
Sekian yang dapat saya sampaikan. Terimakasih, semoga bermanfaat.
D. REFERENSI
Modul Cisco Net Ess chapter 9.
No comments:
Post a Comment