Breaking

Saturday, April 14, 2018

Memantau System Linux

System Monitoring Linux

Assalamu'alaikum Wr Wb
System Monitoring Linux-Monitoring system yaitu kegiatan yang mengumpulkan berbagai informasi mengenai sistem. Kegiatan ini penting dilakukan. Mengapa demikian? Kita menggunakan perangkat harus mengetahui kemampuan dari perangkat kita. Kita akan menggunakan aplikasi aplikasi juga harus mempertimpangkan system kita. 

System monitoring membantu kita untuk memantau perangkat yang kita pakai. Dengan kita monitoring system yang kita pakai kita dapat mendapatkan beberapa manfaat berikut ini:
  1. Kita dapat mengetahui resource yang kita gunakan.
  2. Dengan system monitoring kita dapat mengetahui aktiviatas yang ada pada system.
  3. Dapat memantau keamanan yang ada pada System kita.
Pada pembahasan ini kita akan membahas System Monitoring pada Linux. Apa saja yang digunakan untuk monitoring system pada Linux? Berdasarkan interface atau antarmuka yang digunakan, System Monitor ada 2 jenis yaitu CLI dan GUI


Versi GUI

GUI atau kepanjangannya  Graphical User Interface, Aplikasi syste monitoring yang berjalan pada mode GUI akan menampilkan dengan antarmuka grafis. Pada linux secara default sudah terinstall System Monitoring yang berbasis GUI. Berikut contohnya: 
  1. Task Manager - Aplikasi ini terdapat pada Linux Xubuntu, tampilan dari aplikasi ini sederhana, Monitoring yang ditampilkan yaitu CPU, Proses yang dijalankan, Memory, dan Swap yang terpakai.
    system monitoring
    Task Manager
  2. System Monitor- Pada Linux Ubuntu terdapat aplikasi yang bernama System Monitor, Apliksi Ini selain menampilkan CPU, Task, Memory, dan Swap juga menampilkan statistik mengenai jaringan.
    system monitor
    system monitor

Versi CLI

Aplikasi Monitoring jenis ini merupakan aplikasi monitoring yang memiliki tampilan minimalis. Ya, tampilannya sederhana tetapi bisa diandalkan. Berikut adalah aplikasi monitoring linux dengan interface CLI :
  1. TOP 

    Aplikasi monitoring yang pertama yaitu TOP. Seperti namanya aplikasi ini memang sangat PowerFull. Terbukti jika  aplikasi yang lain tidak ada maka kita bisa menggunakan aplikasi ini tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu. 
    Data yang ditampilkan aplikasi ini mengenai penggunaan memory/RAM, beban dari CPU, juga termasuk daftar proses yang sedang berjalan. Top menampilkan informasi sistem mendekati real-time, memperbarui (secara default) setiap tiga detik. Detik pecahan diizinkan oleh atas, meskipun nilai yang sangat kecil dapat menempatkan beban yang signifikan pada sistem. Ini juga interaktif dan kolom data yang akan ditampilkan dan kolom semacam dapat dimodifikasi.
    top
    Top
  2. HTOP

    Aplikasi selanjutnya ada HTOP, aplikasi ini hampir sama dengan TOP akan tetapi ada fitur lain yang tidak dimiliki oleh TOP. Tampilan dari aplikasi ini lebih menarik daripada TOP. Kita bisa konfigurasi tampilan yang akan ditampilkan.
    htop
    htop
  3. GLANCES

    Dengan aplikasi glances kita dapat menampilkan informasi sistem lebih lengkap. Tidak hanya yang ditampilkan pada aplikasi yang lain. Glances lebih lengkap hingga menampilkan Disk, File System, Kernel yang digunakan, Jaringan, dan lainnya.
    glances
    glances

    Conclusion

    Aplikasi monitoring Linux sebernarnya sangat banyak, diatas adalah aplikasi yang sering saya gunakan dan untuk memantau aktivitas dari sistem operasi saya. Dengan adanya aplikasi ini saya lebih mudah mengawasi segala aktivitas yang berjalan.

    Semoga Bermanfaat, Sekian TERIMA KASIH.

    Sumber: Opensource.com

    #38482 #jema_m_aldi

No comments: