Breaking

Saturday, July 28, 2018

#2019GantiOS, Alasan memilih Linux

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kenapa Memilih Linux?


Akhir akhir ini sedang trend nya tagar #2019GantiPresiden. Tapi kita kali ini tidak akan membahas mengenai Ganti Presiden melainkan membahas mengenai Ganti OS.

Banyak orang yang berpendapat dalam menggunakan OS seperti berikut ini:

Pake ini aja lahh, ngapain ribet ribet ganti OS.
Pake linux itu susah, jadi males.

dan lain sebagainya. Maka dari itu saya akan membahas mengenai ini. Kenapa sih menggunakan Linux, kan ada OS lain yang mudah. 

Linux adalah sistem operasi opensource yang dikembangkan pertamakali oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa asal Finlandia pada taun 1991. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang mempunyai kode sumber terbuka, jadi siapa pun dapat dengan bebas memodifikasi, mengembangkan, dan mendistribusikan ulang.

Mengapa kita perlu menggunakan Linux untuk sistem operasi yang kita gunakan? Nahh berikut alasan mengapa kita perlu menggunakan Linux:

* HALAL
Alasan pertama menggunakan Linux adalah Halal. Mengapa Halal?? Seperti pada penjelasannya diatas Linux Merupakan sistem operasi Open Source. Nahh kebanyakan software opensource adalah GRATIS. Meskipun ada yang berbayar seperti RedHat. Jadi ketika kita menggunakan Sistem Operasi Linux kita kita terhindar dari yang namanya PEMBAJAKAN. Hati hati teman teman gara gara masala sepele doa kita bisa tidak dikabulkan karena memakai software haram. 
Undang undang di Indonesia pun juga sudah mengatur bahwa pembajakan software itu dilarang, seperti yang tertera pada peraturan berikut ini.
Pasal 27 UU ITE Tahun 2008: Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan. Ancaman pidana pasal 45(1) KUHP. Pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan atau denda paling banyak Rp.1.000.000.000,00 (satu milyar rupiah). Diatur pula dalam KUHP pasal 282 mengenai kejahatan terhadap kesusilaan.

* Open Source
Linux Open Source jadi kita dapat berekspresi dengan kreatifitas kita dengan mengembangkan software ini semau kita sesuai keinginan kita.

* Banyak Variannya
Linux memiliki banyak varian, dari untuk pemula hingga tingkat mahir. Jadi bagi pemula seperti kita jangan khawatir karena tidak bisa menggunakan. Ada Distro Linux khusus pemula jadi kita dapat memulai dari awal.

* Pahami Konsep Bukan CARA
Bagi yang menyukai tantangan maka Linux merupakan OS yang cocok buat kamu. Kenapa?? Karena dalam menggunakan linux kita pasti bertanya mengapa seperti ini, mengapa jadi seperti ini, dll. Nahh kita perlu belajar konsep bukan cara, untuk memahami hal hal baru yang kita temui ketika menggunakan Linux. 

* Cocok untuk Sistem dengan spesifikasi rendah
Laptop memiliki spek rendah dan sudah lama, apa bisa saya menggunakan linux? Jawabannya adalah BISA. Linux terdapat distribusi yang ringan dan dapat digunakan pada sistem yang memiliki spek rendah. Contohnya adalah LUBUNTU.

*Fast & Secure
Dengan menggunakan Linux berdasarakan pengalaman yang saya lakukan sendiri adalah cepat. Perangkat saya hampir tidak pernah hang. Secure/aman karena virus yang kebanyakan berjalan pada windows tidak dapat berjalan pada Linux.

Sekian Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Sumber: 
http://farizadidana.blogspot.com/2014/06/sanksi-dari-pembajakan-software.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Linux

No comments: