Breaking

Saturday, November 24, 2018

Apa itu DEBIAN??


Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

DEBIAN


Sistem operasi open source yang satu ini banyak dikenal oleh banyak pengguna Linux. Lalu sebenarnya apa itu Debian? Bagaimana perkembangan dari OS ini? 
Berikut rangkumannya.
Debian Logo

Apa itu Debian??

Banyak yang bertanya tanya apa itu Debian. Nah apa itu Debian? Menurut WikiPedia Debian adalah sistem operasi mirip UNIX yang dikembangkan oleh Debian Project. Sistem operasi ini berfokus pada kestabilan dan keamanan. Debian dapat diinstall pada perangkat desktop maupun server. Hampir di semua perangkat komputerdapat diinstall Debian di dalamnya.

Saat ini OS Debian menggunakan kernel LINUX dan Free-BSD. Sistem operasi ini banyak dikembangkan oleh komunitas komunitas sehingga banyak muncul sistem operasi turunan dari Debian.

Sejarah

Debian pertama kali diperkenalkan oleh mahasiswa Universitas Perdue, AS bernama Ian Murdock tanggal 16 Agustus 1993. Nama Debian sendiri diambil dari nama Ian Murdock dan mantan kekasihnya Debra Lynn (Deb dan Ian). 

Perkembangan debian pada awal pengenalannya berjalan lambat. Tahun 1996 Ian Murdock digantikan oleh Bruce Perens sebagai pemimpin proyek. Masih di tahun 1996 pengembang Debian bernama Ean Schuessler membuat Debian Social Contract dan Debian Free Software Guidelines. Hal ini memberikan standar pengembangan Debian. 


Release

Dari pertama kali diperkenakan Debian sudah beberapa kali rilis. Dari DistroWatch.com berikut adalah rilis dari Debian hingga saat ini.

Bagi yang suka nonton film kartun mungkin tidak asing dengan codename yang digunakan Debian. Kode nama dari Debian ini diambil dari nama nama tokoh kartun dalam film Toy Story.

Nah diatas rangkuman mengenai Debian. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Reference

https://www.debian.org/
https://distrowatch.com/table.php?distribution=debian


Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

No comments: