Breaking

Monday, August 17, 2020

Apa itu Partisi Harddisk?

Disk

Hardisk merupakan salah satu media penyimpanan pada komputer. Ukuran dari hardisk juga bermacam macam. Dengan ukuran tersebut kita harus bisa memanfaatkan dengan baik dengan me-manage hardisk tersebut. Contohnya dengan partisi hardisk. Sebenarnya apa itu partisi?? Pada kesempatan ini admin akan membagikan mengenai apa itu partisi.


Partisi menurut KBBI yaitu dinding pemisah atau sekat. Nah, dari arti kata ini kita dapat mengingat dengan mudah pengertian dari partisi. Partisi pada hardisk yaitu bagian bagian dari ruang harddisk, sehingga suatu harddisk seolah olah terdapat lebih dari satu harddisk. Dengan menggunakan pertisi harddisk kita dapat mengoptimalkan penggunaan harddisk pada komputer kita. Dalam hal penggunaan partisi harddisk sangat membatu kita untuk memgalokasikan tempat untuk penyimpanan file file yang kita miliki. Kita ambil contoh sebuah Harddisk memiliki ukuran 100 GB. Kita alokasikan 25 GB untuk menyimpan sistem operasi. Kemudian sisanya 75 GB digunakan untuk menyimpan data data. Dengan partisi harddisk seperti ini kita bisa menyelamatkan data data kita karena kehilangan. Dalam hal ini semisal partisi sistem operasi terformat atau terinfeksi virus data data kita yang terpisah partisi akan selamat. 

Bagi beberapa orang yang menggunakan sistem operasi lebih dari satu partisi harddisk akan memudahkan kalian. Adanya partisi harddisk kita dapat menggunakan beberapa sistem file dalam satu harddisk. Sangat memudahkan kita dalam mengelola harddisk bukan?? tentu saja. Akan tetapi jika pembagian ruang harddisk tidak sesuai maka akan menyebabkan ruang harddisk kosong. Bisa saja terjadi terlalu banyak partisi dan label partisi tidak diberikan sehingga ketika kita akan menghapus salah satu partisi akan membuat kita kebingungan. Jadi kita harus bisa memanage sebaik baiknya.



Conclusion

Dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan yaitu Partisi pada harddisk merupakan bagian bagian haddisk yang membuat seolah olah terdapat lebih dari satu harddisk. Partisi harddisk berfungsi untuk:

  1. Memudahkan Pengguna
  2. Mengelola Ruang Penyimpanan
  3. Mengamankan Data
  4. Memungkinkan penggunaan multi boot
  5. Memungkinkan pengguanan multi file sistem


Sekian pembahasan mengenai partisi. Semoga Bermanfaat.

No comments: